Audit Inspektor Jenderal Kementerian Kesehatan di Jombang 2017

Rabu (15/11) Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mendapat kunjungan dari Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kunjungan yang direncanakan selesai pada tanggal 24 November 2017 selain melihat Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang juga akan menuju 3 Puskesmas se Kabupaten Jombang yang terpilih untuk dijadikan lokus.

Berdasar surat tugas dari Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI nomor : PS.01.06/1.4/5037/2017 tanggal 13 November 2017 ada 3 (tiga) auditor Irjen yaitu; drg. Emilda Hutahaean, MM (Pengendali Kegiatan) Patar Luhut Panjaitan, SKM. MPH dan Dadan Ginandjar,SE. Tujuan dari kegiatan adalah Audit Program Prioritas Kemenkes Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) di Posbindu dan Pengendalian dan Pencegahan TB untuk Tahun Anggaran 2015 s//d 2017.

Wahyu Sri Harini,dr Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mewakili Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan ucapan selamat datang dan menyatakan menerima dan tidak berkeberatan Irjen Kemenkes melakukan tugas di Kabupaten Jombang. Disampaikan pula bahwa program yang diaudit ada di 2 (dua) seksi di Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.

Kamis (16/11) Irjen Kemenkes RI mendatangi Puskesmas Jelakombo Kecamatan Jombang, rombongan diterima oleh Icus G Marsudi, dr.MKes Kepala Puskesmas Jelakombo. Setelah mendapatkan penjelasan dari Kepala Puskesmas Jelakombo dan programer Posbindu PTM dan Programer TB Paru Puskesmas, dilanjutka dengan tanya jawab dengan Kader Posbindu.

Selanjutnya pada Jum’at (17/11) Irjen Kemenkes RI mendatangi Puskesmas Bareng dan diterima oleh Andri Suharyono, dr.MKP Kepala Puskesmas Bareng. Rombongan mendapat penjelasan dari programmer TB Puskesmas Bareng tentang pelayanan TB dan Laborat di Puskesmas Bareng. Sedangkan untuk melihat dari dekat pelaksanaan Posbindu PTM dan Kader Posbindu rombongan menuju ke Desa Banjar Agung Kecamatan Bareng.

Selasa (22/11) Irjen Kemenkes RI kembali mendatangi Puskesmas Peterongan dan diterima oleh Ida Nikmatul Ulfa, SPD.MKes, Kepala Puskesmas Peterongan. Sebelumnya Irjen Kemenkes menuju Desa Mancar Kecematan Peterongan untuk melihat dari dekat pelaksanaan Posbindu PTM dan melakukan diskusi dengan Kader Posbindu PTM.  Selanjutnya rombongan menuju ke Puskesmas Peterongan dan mendapat penjelas dari programmer TB Puskesmas Bareng tentang pelayanan TB dan Laborat di Puskesmas Peterongan. ej(20171106)