Intermediate Course Community Mental Health Nursing

IC CMHN Jombang 2017

Intermediate Course Community Mental Health Nursing dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas Programer Kesehatan Jiwa di Puskesmas se Kabupaten Jombang. Pelatihan yang diselenggarakan selama 4 hari  sejak Senin (23/10) dan akan berakhir Kamis (26/10) dibebankan pada BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang Tahun 2017. IC CMHN ini terlaksana atas kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dengan Tim Tehnis CMHN Provinsi Jawa Timur yang sekaligus menjadi Narasumber pelatihan IC CMHN.

Widi Cipto Basuki, dr,MKP plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada kesempatan pembukaan pelatihan menyampaikan bahwa dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa perlu faktor senang, sehingga apa yang kita upayakan akan memberikan efek kepuasan bila pelayanan itu berhasil. Kabupaten Jombang memang sudah diakui mempunyai kelebihan pada pelayanan kesehatan jiwa sehingga mengundang beberapa SKPD dari berbagai daerah untuk melakukan kaji banding, oleh karena itu pelatihan IC CMHN ini diperlukan.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa di Jombang telah memiliki 7 posyandu jiwa dari 34 Puskesmas prosentasenya masih cukup kecil, untuk itu bagi Puskesmas yang belum mem punyai posyandu jiwa, bisa melakukan kaji tiru dari Puskesmas yang telah memiliki Posyandu Jiwa.

Pada sesi hari ke 1 dilaksanakan kegiatan dalam gedung.

Pada sesi hari ke 2 dilaksanakan kegiatan dalam gedung.

Pada sesi hari ke 3 dilaksanakan kegiatan laborat kesehatan jiwa praktek di dalam gedung.

Pada sesi hari ke 4 dilaksanakan kegiatan praktek masyarakat di luar gedung meliputi : pelepasan pasung, kunjungan rumah keluarga beresiko, pelatihan kader dan sosialisasi kesehatan jiwa pada Anak sekolah (MISS Bandung 1) yang berlokasi di Desa Bandung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang).

Wahyu Sri Harini, dr Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mengatakan pada acara penutupan pelatihan bahwa tahun ini kesehatan jiwa ada pelatihan IC CMHN, tahun 2018 direncanakan ada pelatihan AC CMHN, untuk itu inovasi dalam pelayanan kesehatan jiwa di Jombang harus kelihatan, karena yang kita pakai untuk biaya pelatihan pada hakekatnya adalah uang rakyat sehingga kembalinya harus berupa pelayanan kesehatan jiwa yang bermutu. Kita harus peduli pada yang tersisihkan (ej 20171006)