Jambore Kesehatan Jiwa Ke 3 Tahun 2018

dr. Pudji Umbaran, MKP selaku Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang Jum’at (19/10) berkenan melepas Kontingen Jombang untuk mengikuti Jambore Jiwake – 3 Tahun 2018 di StadionSurajayaLamongan. Pada kesempatan ini disampaikan bahwa sehat itubukan hanya sehat jasmani saja tetapi butuh sehat rohani juga. Bahkan WHO Badan Kesehatan Dunia mendefinisikan sehat sebagai kesatuan antara jasmani, rohani dan sehat sosial. Selanjutnya disampaikan pula Jambore Jiwa ini merupakan ajang silaturahmi kader kesehatan jiwa, warga binaan dan programer Kesehatan Jiwa Puskesmas seluruh JawaTimur mempunyai manfaat bervariasi sesuai dengan pesertanya. Untuk programer Keswa Puskesmas menjadi lahan tukar pikiran dan diskusi tentang program keswa, untuk kader kesehatan jiwa menjadi ajang tukar pengalaman dalam melaksanakan kegiatan Posyandu Jiwa dan untuk warga peserta Posyandu Jiwa merupakan terapi aktifitas dan sosialisasi dalam kelompok besar.

Pelepasan kontingen Jambore Kesehatan Jiwa dari Kabupaten Jombang ini ditandai dengan pengalungan peluit sebagai simbol ketua kontingen kepada Dewi Retnaningsih, AMD programer Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Pengiriman kontingen Jombang dalam mengikuti Jambore Kesehatan Jiwake -3 di Stadion Surajaya Lamongan menggunakan dana BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.

Tujuan diselenggarakan kegiatan Jambore Kesehatan Jiwa sebagai upaya pengembangan pengetahuan masyarakat dalam penanganan kasus gangguan jiwa berbasis masyarakat dengan tema “Harapan Positif Eliminasi Pasung, Dukungan Keluarga dan Warga Masyarakat Insklusif dan Komprehensif” dibuka oleh Bupati Lamongan H. Fadeli. (ej20181006)

Selengkapnya dapat dilihat di https://p2ptmkeswa3517.blogspot.com/2018/10/jambore-kesehatan-jiwa-ke-3-tahun-2018.html