Kegiatan Kunjungan Kerja Anggota DPRD Kab Situbondo

Selasa (29/11) jam 10.00 wib bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, berlangsung kegiatan penerima kunker Anggota DPRD Kabupaten Situbondo. Acara yang bertajuk study banding pansus raperda gizi, asi eksklusif dan penanganan garam non beryodium ini dibuka oleh dr. Heri Wibowo, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.

Rombongan pansus DPRD Kabupaten Situbondo dipimpin oleh ketua Pansus dra. Hasanah, M.Pd I bersama 18 anggota pansus. Hasanah, dra, M.PdI ketua pansus menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini telah diagendakan pansus untuk sharing dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang tentang penyusunan dan aplikasi serta dampak lahirnya Perda tentang ASI Eksklusif.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa di Jombang baru ada Perda tentang ASI eksklusif saja. Perda Jombang Nomor 2 tahun 2015 tentang pemberian ASI Eksklusif ini sengaja tidak mengatur tentang “donor ASI” karena ada kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Jombang denga DPRD Kabupaten Jombang karena perangkat, sarana dan prasarana pendukung “donor ASI” tidak memadai serta pemberian “donor ASI” telah di atur hukum Islam.

Kepala Bidang Bina Kesehatan dr. Achmad Iskandar Dz, MKP menyampaikan bahwa Perda No 2 Tahun 2015 ini bukan awal kegiatan dalam pemberian ASI Eksklusif di Jombang. Sebelum perda sudah ada Peraturan Bupati tentang ASI dan Ibu Bekerja. Perda tentang Pemberian ASI Eksklusf ini merupakan payung hukum kegiatan pemberian hak bayi untuk mendapatkan ASI.  (ej 20161105)