Kolaborasi Programer PTM dan Programer Kespro Jombang Tahun 2019

Koordinasi dan komunikasi adalah kata yang mudah diucapkan, tetapi butuh keberanian untuk melaksanakannya kata Wahyu Sri Harini, dr Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada acara pembukaan pertemuan, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Kabupaten Jombang memiliki 34 Puskesmas yang semuanya mempunyai Petugas yang berkompeten dalam melaksanakan pelayanan deteksi dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara melalui IVA dan Sadari, adalah mustahil tidak memberikan pelayanannya pada masyarakat. Akan tetapi indicator capaian pemeriksaan IVA sangat kecil sejak Januari 2019 sampai sekarang, sehingga orang awam bias mengambil kesimpulan bahwa tidak semua Puskesmas melakukan pelayanan IVA, lanjutnya.

Bila semua Puskesmas member pelayanan IVA kepada masyarakat berarti ada pencatatan dan pelaporan yang belum tersambung dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang atau kurangnya komunikasi dan koordinasi antara Programer Kespro dengan programer PTM di masing-masing Puskesmas. Oleh karena itu perlu kesepakatan antar 2 programer dalam melaksanakan Pelayanan IVA dan Sadari  di Puskesmas dalam melakukan pencatatan dan pelaporan kegiatan. Untuk itu kegiatan pertemuan kali ini dikumpulkan 2 programer IVA dan programer PTM bertujuan untuk berkolaborasi, sehingga pelayanan IVA yang telah dilaksanakan dapat dilaporkan.

Pertemuan monitoring dan evaluasi program Posbindu dan Pertemuan Tehnis program IVA dilaksanakan hamper bersamaan ini bertempat di Suroadiningrat 1 lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang Selasa (30/07) dihadiri oleh 68 orang terdiri dari Programer PTM dan Programer Kespro Puskesmas se Kabupaten Jombang. Untuk mencapai hasil yang optimal. Maka pertemuan ini terdiri atas pertemuan monitoring dan evaluasi program posbindu yang didanaiDPA APBD Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dan PertemuanTehnis Program IVA yang didanai BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang Tahun 2019.

Silvia Sari dr, dari Seksi P2PTM & Keswa Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai narasumber pertemuan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan deteksi dini kanker leher Rahim dan kanker Payudara yang dilaksanakan di UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati sehingga target komulatif 50% cakupan IVA dalam 5 tahun dapat tercapai. Pada pertemuan ini sepakat laporan akan diberikan kepada programer PTM untuk mengupload atau menyerahkan ke Seksi PTM & Keswa Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. ej(2019-0707)

Bisa dilihat di : https://p2ptmkeswa3517.blogspot.com/2019/07/kolaborasi-programer-ptm-dan-programer.html