Kunjungan Balitbangkes Kemenkes RI ke Jombang

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang Rabu (26/4) diterima oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Wahyu Sri Harini mewakili plt Kepala Dinas Kesehatan. Kepala Sub Bidang Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dr. Nunik Kusumawardani, SKM, M.Sc, PhD dan Siti Masyitoh, SKM peneliti yang hadir dari Balitbangkes Kemenkes RI mengatakan bahwa kunjungan kali ini dalam rangka mengurus perizinan dan persiapan lapangan penelitian studi kesehatan jiwa di Kabupaten Jombang.

Kunjungan di Kabupaten Jombang direncanakan selama 3 (tiga) hari dan berakhir pada hari Jum’at. Setelah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Tim Balitbangkes Kemenkes RI berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah Jombang. Pada kesempatan itu Tim Balitbang Kemenkes ditemui dr. Nevi, SpKj mewakili Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Jombang. Tim Balibangkes Kemenkes setelah memperoleh sebagian data akan dilakukan kunjungan ke lapangan untuk hari berikutnya.

Keesokan harinya bersama Seksi P2PTM Keswa Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menganalisa data dari Rumah Sakit Umum Daerah Jombang untuk merencanakan kegiatan kunjungan lapangan ke Puskesmas yang mempunyai kasus kesehatan jiwa. Terpilihlah Puskesmas Cukir, Puskesmas Brambang dan Puskesmas Blimbing Gudo untuk dilakukan kunjungan lapangan didampingi seksi P2PTM Keswa Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dalam rangka persiapan lapangan penelitian studi kesehatan jiwa. ej (03042017)