Kunjungan Kerja Pemerintah Provinsi Banten

Purwanto, Drs,MKP Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Jombang, atas nama Bupati Jombang dalam sambutannya mengatakan “Kabupaten Jombang telah memiliki Tim Pengarah Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) sehingga masyarakat pada umumnya dan perangkat pemerintahan sudah terpapar dengan pelayanan kesehatan jiwa sehingga secara berangsur-angsur akan tumbuh pengetahuan, kemauan dan kemampuan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa” pada acara penerimaan Kunjungan Kerja Pemerintah Provinsi Banten ke Kabupaten Jombang, Kamis (19/10) bertempat di Ruang Rapat Wakil Bupati Jombang. Turut hadir mengantarkan kunjungan kerja Pemerintah Provinsi Banten pada kesempatan ini Ansarul F, drg.M.Kes Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan tim.

Wahyu Santosa, dr, M.Kes Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Propinsi Banten sebagai Ketua Rombongan berharap dapat bertukar pengalaman dan peran pada pelayanan kesehatan jiwa, perawatan odgj (orang dengan gangguan jiwa) serta dapat melihat dari dekat implementasinya di Kabupaten  Jombang.

Widi Cipto Basuki, dr. MKP plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa Kabupaten Jombang mempunyai 7 Posyandu Jiwa, yang salah satunya akan dikunjungi saat ini dan pada saat yang bersamaan ini ada kunjungan Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat yang juga mengkaji posyandu jiwa di Kabupaten Jombang.

Posyandu Jiwa Pelita Harapan ini terdiri atas 5 meja pelayanan, adalah tempat berkumpul para eks pasung dan odgj di Desa Bongkot menjadi tempat berkomunikasi, bersosialisasi dan terapi rehabilitasi para eks pasung dan odgj. Ada kegiatan hygiene sanitasi perorangan, ketrampilan dan kemandirian odgj. Diantaranya ada olah raga, merajut tas, berkebun, membuat telor asin, border yang mana tujuannya adalah memberdayakan eks pasung dan odgj agar lebih mandiri dan memperoleh harga diri, penjelasan dari Nanik, dr Kepala Puskesmas Dukuhklopo. (ej 20171005)