Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara 2019

Dalam rangka meningkatkan perlindungan perempuan di Kabupaten Jombang terhadap ancaman Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara maka upaya mencegah terjadinya kanker melalui deteksi dini perlu dilaksanakan. Cakupan, pencatatan dan pelaporan hasil deteksi dini kanker leher Rahim dan kanker payudara di Puskesmas masih rendah, sehingga peningkatan pengetahuan dan ketrampilan serta kemampuan tenaga Puskesmas untuk membuka akses deteksi dini lebih baik lagi perlu dilakukan, melalui Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara untuk tenaga pengelola kegiatan di Puskesmas diharapkan dapat merespon tantangan ini.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang bekerjasama dengan UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati melaksanakan kegiatan Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim melalui IVA dan deteksi dini Kanker Payudara melalui Sadari. Pelatihan yang dilaksanakan di UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati ini dimulai tanggal 1 Juli 2019 sampai dengan tanggal 5 Juli 2019 diikuti oleh 25 Tenaga Kesehatan Puskesmas di Kabupaten Jombang dengan menggunakan dana BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang Tahun 2019.

Dengan selesai pelatihan ini diharapkan Tenaga Puskesmas dapat memberikan pelayanan deteksi dini kepada masyarakat lebih baik dan lebih professional serta sesuai dengan standar, sehingga seluruh perempuan di Kabupaten Jombang lebih terlindungi dari kanker leher Rahim dan kanker payudara. (ej20190706)

Dapatdilihatjuga di :  https://p2ptmkeswa3517.blogspot.com/2019/07/pelatihan-deteksi-dini-kanker-leher.html