Pelatihan Kesehatan Jiwa untuk Tenaga Dokter Fungsional Puskesmas

Upaya kesehatan jiwa adalah setiap kegiatan untuk mewujukan derajat kesehatan jiwa yang optimal bagi setiap individu, keluarga dan masyarakat dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative yang diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan oleh pemerintah, Pemerintah Daerah dan/atau masyarakat (UU 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa).

Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang mempunyai kewajiban untuk melaksanakan upaya Kesehatan Jiwa. Seiring dengan fungsi Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dalam mendekatkan akses pelayanan Kesehatan serta menjamin pelayanan Kesehatan Jiwa sesuai standar, sedangkan tenaga dokter di Puskesmas belum semuanya mendapatkan pelatihan Kesehatan Jiwa maka tujuan Pelatihan Refreshing General Practice (GP) Plus untuk Dokter Puskesmas ini dilakukan, kata Wahyu Sri Harini, dr Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada pembukaan Pelatihan Refreshing GP Plus untuk Dokter Puskesmas tahun 2019.

Disampaikan pula bahwa pelayanan kesehatan jiwa di Puskesmas di Kabupaten Jombang  perlu ditingkatkan lagi, bagaimana upaya Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan Kesehatan Jiwa ini bisa menjadi inovasi Puskesmas.

Pelatihan Refresing GP Plus Dokter Puskesmas adalah refreshing pelatihan kesehatan jiwa untuk tenaga Dokter fungsional Puskesmas. Pelatihan yang diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 23 s/d 25 September 2019 di Ruang Suroadiningrat 2 Pemerintah Kabupaten Jombang menggunakan anggaran BOK Dinas Kesehatan tahun 2019. Kegiatan diikuti oleh 34 tenaga Dokter Fungsional Puskesmas se Kabupaten Jombang.

Pelatihan ini menggunakan modul pembelajaran dari Tim Teknis TPKJM (Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat) Propinsi Jawa Timur yang sekaligus menjadi narasumber dan naralatih pelatihan ini. Pada kesempatan ini juga dilakukan kegiatan praktek lapangan sebagai workshop berhadapan langsung dengan ODGJ, sehingga dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan dalam mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan GP Plus  kesehatan jiwa. (ej20190905)