Pelatihan Puskesmas Pandu PTM Tahun 2017

Senin (6/11) bertempat di STIKES Pemkab Jombang dilaksanakan kegiatan Pelatihan Puskesmas Pandu PTM (Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular) untuk dokter fungsional Puskesmas se Kabupaten Jombang. Pelatihan yang dihadiri oleh 34 dokter fungsional Puskesmas ini dibuka oleh Wahyu Sri Harini, dr Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.

Pelatihan Puskesmas Pandu PTM ini merupakan tindaklanjut dari pelatihan programer PTM Puskesmas beberapa waktu yang lalu, katanya pada sambutan pembukaan pelatihan. Puskesmas telah memberikan pelayanan untuk PTM, tetapi kita belum bisa membuktikan tentang kegiatan ini, lanjutnya. Kabupaten Jombang minimal 30% Puskesmas harus Pandu PTM, syukur bisa 100%.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dan dibiayai APBD DPA Dinas Kesehatan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kapasitas petugas Pukesmas dalam pelaksanaan Puskesmas Pandu PTM (Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular) serta upaya memenuhi target pembentukan Puskesmas Pandu PTM minimal 30%, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengadakan Pelatihan Puskesmas Pandu PTM untuk dokter fungsional Puskesmas. Narasumber pelatiha ini adalah Budi Laksono, SKM MM dan Yohana Rina, SKM,MPh dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. (ej 20171103)