Pencanangan Badan Layanan Umum Daerah dan Puskesmas Terakreditasi

Bertempat dilapangan Pemkab Kabupaten Jombang pada hari Kamis tanggal 21 Juni 2018 dilaksanakan apel bersama sekaligus halal bihalal PJS Bupati Kabupaten Jombang Bapak Setiajit SH, MM mencanangkan RSUD Ploso dan 34 Puskesmas di wilayah Kabupaten Jombang menjadi Badan Layanan Umum Daerah, ditandai dengan penandatanganan oleh Bapak PJS Bupati dan Kepala RSUD Ploso serta perwakilan dari 4 Puskesmas.

Sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun di Rumah Sakit merupakan salah satu urusan wajib yang dilimpahkan kepada daerah. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Jombang selalu mendorong upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dengan berbagai cara :

1. Mendorong RSUD Ploso dan Puskesmas se Kabupaten Jombang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD)

Berdasarakan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD), Pemerintah telah membuka koridor bagi institusi pelayanan publik untuk dikelola secara profesional.

Dengan PPK-BLUD maka kinerja dan mutu pelayanan kesehatan pada masyarakat diharapkan meningkat. Tujuan utama penerapan PPK-BLUD adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga menjadi lebih efektif dan diharapk seluruh Puskesmas di Kabupaten Jombang dan RSUD Ploso dapat merencanakan pendapatan dan pengeluaran, pengelolaan keuangan serta pelaporan dapat dilakukan secara efisien, trnasparan dan akuntabel.

2. Akreditasi Puskesmas

Dengan adanya Puskesmas yang Terakreditasi diharapkan bisa mewujudkan peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas melalui stndarisasi mutu pelayanan. Tujuan Akreditasi Puskesmas yaitu untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya serta meningkatkan kinerja Puskesmas.

Saat ini dari 34 Puskesmas yang ada di Kabupaten Jombang sejak tahun 2015 sampai 2017 telah terakreditasi sebanyak 27 Puskesmas atau 79% dengan status akreditasi Dasar = 8 Puskesmas, Madaya = 17 Puskesmas dan Utama = 2 Puskesmas. Dan diharapkan pada tahun 2018 telah ada Puskesmas yang terakreditasi paripurna sebagai tingkatan akreditasi tertinggi. Pemerintah Daerah memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Puskesmas yang telah terakreditasi pada tahun 2017 sebanyak 13 Puskesmas denga harapan Puskesmas untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.