Pertemuan Tehnis Program PTM Puskesmas Tahun 2019

Pencatatan dan pelaporan program Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang belum optimal, hal ini ditengarai belum dilaporkan oleh Puskesmas, karena laporan via Portal Web PTM Kemenkes RI masih dalam proses perpindahan sehingga banyak petugas Puskesmas yang mengalami kesulitan online dengan Kemenkes, maka pada pertemuan tehnis kali ini akan dibahas mengenai laporan melalui online dengan aplikasi survailence PTM yang disediakan oleh Kemenkes kata Wahyu Sri Harini, dr. Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada pembukaan Selanjutnya disampaikan pula bahwa kegiatan yang telah dilakukan dan dicatat selama ini akan sia-sia bila tidak segera dilaporkan sesuai dengan kesepakatan bagaimana cara melaporkannya.

Pertemuan Tehnis Program PTM Puskesmas dilaksanakan Senin 29/07 di Ruang Suroadiningrat 1 lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang dihadiri oleh 34 programer PTM Puskesmas terselenggara dengan dana BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang tahun 2019.

Farida Cahyani, dr dari Seksi P2PTM Keswa Napza Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur selaku narasumber menjelaskan bahwa laporan tidak banyak mengalami perubahan, hanya pada saat masuk harus menggunakan user dan password yang baru. Perubahan ada di format laporan offline yang harus diunduh dahulu, sedangkan cara pengisian masih sama. Pada pertemuan ini selain menggunakan metode curah pendapat juga menggunakan metode praktek langsung menggunakan Aplikasi Survailence PTM Kemenkes dengan mengisikan data hasil kegiatan yang telah dilaksanakan Puskesmas dan mendapat fasilitas WIFI dari Dinas Kominfo Kabupaten Jombang. (ej 20190706)

Dapat dilihat juga di : https://p2ptmkeswa3517.blogspot.com/2019/07/pertemuan-tehnis-program-ptm-puskesmas.html