Posyandu Jiwa Harapan Kita Desa Brodot

Kamis (19/10) bertempat di Balai Desa Brodot Kecamatan Bandar Kedung Mulyo Kabupaten Jombang berlangsung acara penyambutan Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri Tahun 2017. Mahmudi, Camat Bandar Kedung Mulya dalam sambutannya mengatakan selamat datang di Posyandu Jiwa Harapan Kita di Desa Brodot Kecamatan Bandar Kedung Mulyo sebagai satu-satunya desa di Kecamatan Bandar Kedung Mulyo pada saat ini yang memiliki inovasi pelayanan kesehatan jiwa. Keberadaan posyandu jiwa ini tidak dapat dilepaskan dari peran serta Tiga Pilar, Perangkat Desa dan tidak kalah pentingnya adalah peran Kepala Puskesmas Bandar Kedung Mulya dengan jejaringnya.

Noviawati, SE,M.Kes Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat 2017 mengatakan memang pembangunan nasional yang telah kita laksanakan tidak akan berarti tanpa pembangunan jiwa. Posyandu jiwa Harapan Kita desa Brodot ini mempunyai arti yang dalam dan nilai yang tinggi dalam memberikan nilai dan harga diri serta harkat martabat pada saudara-saudara kita yang kurang beruntung.

Nanik Purbawati, dr Kepala Puskesmas Bandar Kedung Mulyo menyampaikan bahwa Posyandu Jiwa Harapan Kita ini terdiri atas 5 meja pelayanan, adalah tempat berkumpul para eks pasung dan odgj di Desa Bongkot menjadi tempat berkomunikasi, bersosialisasi dan terapi rehabilitasi para eks pasung dan odgj di Desa Brodot. Ada kegiatan hygiene sanitasi perorangan, ketrampilan dan kemandirian odgj. Diantaranya ada olah raga, berkebun, membuat telor asin, border yang mana tujuannya adalah memberdayakan eks pasung dan odgj agar lebih mandiri dan memperoleh harga diri, penjelasan dari Sugianik, AMD penanggung jawab program Kesehatan Jiwa Puskesmas Bandar Kedung Mulyo. (ej 20171006)

 

Sebelumnya pada tatanan yang sama telah dikunjungi pula Pondok ASI desa Badas Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang dan akan dilanjutkan ke Desa Pulo Gedang Kecamatan Tembelang untuk tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi.