Rapat Koordinasi Bulan Peduli Kanker 2017

Jum’at (3/11) bertempat di Ruang rapat Wakil Bupati Jombang Pemerintah Kabupaten Jombang berlangsung kegiatan rapat koordinasi Bulan Peduli Kanker sebagai tindak lanjut Surat dari Gubernur Jawa Timur tanggal 17 Oktober 2017 nomor: 440/14544/102.3/2017 perihal Peringatan Bulan Peduli Kanker.

Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Jombang ini dihadiri oleh Camat se Kabupaten Jombang dan OPD terkait. Purwanto, drs. MKP Asisten I menyampaikan bahwa kegiatan peringatan bulan peduli Kanker di Jombang akan dilaksanakan melalui deteksi dini kanker dengan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan SADANIS (Periksa Dada Klinis) untuk ASN (Aparatur Sipil Nasional) putri dan Istri-istri ASN di OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa kegiatan ini akan diintegrasikan ke dalam kegiatan PKK KB KES Jombang tahun 2017. Kepada pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang wajib : mensukseskan peringatan bulan peduli kanker internasional dengan melaksanakan kegiatan deteksi dini kanker servik melalui IVA (inspeksi Visual dengan Asam Asetat) dan kanker Payudara melalui SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis), menugaskan Tim Penggerak PKK bersama Perangkat Daerah terkait untuk melakukan IVA dan Sadanis kepada ASN perempuan, isteri ASN di lingkungan Pemerintah Kab Jombang, BUMN, BUMD, perusahaan swasta serta seluruh masyarakat dan dilaksanakan sampai tingkat Desa/Kelurahan.dan melaporkan hasil kegiatan kepada Bupati Jombang melalui OPD terkait, bila perlu hasil cakupan IVA dan SADANIS dijadikan elemen penilaian juga.

Inna Silestyowati, drg, M.Kes plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa Puskesmas se Kabupaten sudah siap melaksanakan deteksi dini kanker melalui pemeriksaan IVA dan SADANIS. Kegitan ini dapat diklaim Puskesmas melalui BPJS, sehingga untuk ASN putri dan Istri ASN di OPD Pemerintah Kabupaten Jombang tidak dikenai biaya. Untuk masyarakat umum bila mempunyai KTP Jombang maka retribusi puskesmas gratis, hanya membayar biaya tindakan sesuai Perda Jombang sebesar Rp. 15.000,-

Kami butuh bantuan bapak ibu pejabat untuk menggerakan sasaran agar mau melakukan pemeriksaan IVA dan SADANIS sampai ke desa-desa, sehingga cakupan pemeriksaan IVA dan SADANIS lanjutnya. (ej 20171102)