SIMPUS

SIMPUS JOMBANG
Simpus kepanjangan dari Sistem Infromasi Manajemen Puskesmas, dan merupakan program aplikasi yang didesain khusus untuk membantu memudahkan pencatatan data pasien, pengolahan dan penyajian data menjadi informasi dalam waktu yang cepat dan tepat.

(Tampilan antarmuka modul registrasi)

Simpus didesain Multi User. Artinya program aplikasi bisa digunakan oleh lebih dari satu orang secara bersamaan dan saling terkait sehingga output dari bagian yang satu menjadi input dari bagian yang lain.

Manfaat SIMPUS :
1. Mempermudah dan Mempercepat Pelayanan
2. Merapikan pencatatan data pasien
3. Memudahkan pencarian data pasien
4. Memudahkan dan mempercepat pengolahan data untuk menjadi informasi dalam mendukung pengambilan kebijakan.
5. Paperless

(Tampilan antarmuka modul pelayanan kesehatan)

Simpus yang ada di Puskesmas di Kabupaten Jombang dikembangkan sejak tahun 2008 dan sampai saat ini telah mengalami beberapa perubahan baik sistem mapun konten yang ada didalamnya, menyesuaikan dengan kebutuhan program.
Diawal tahun 2016 tepatnya pada tanggal 15 Januari 2016 Dinas Kesehatan Kab Jombang telah melakukan MOU dengan BPJS dalam rangka bridging aplikasi P-Care dan Simpus. Seperti diketahui bahwa pelayanan BPJS di Puskesmas dan sarana kesehatan lainnya menggunakan aplikasi P-Care, sedangkan Puskesmas juga menjalankan aplikasi Simpus untuk pelayanan pasien baik pasien umum maupun pasien BPJS, sehingga ada doubel entry data. Oleh karena itu untuk lebih efisien dan maksimal maka perlu dilakukan integrasi dari dua aplikasi tersebut. Diharapkan proses ini akan secepatnya terealisasi, sehingga pelayanan di Puskesmas dapat berjalan dengan lebih efisien.

Modul yang terdapat pada Simpus
- Loket
- Poli Umum
- Poli Gigi
- Poli KIA
- Unit Gawat Darurat
- Apotek
- Laboratorium
- Rawat Inap

Sistem aplikasi yang digunakan menggunapak aplikasi Web Base dengan database MySQL. Server aplikasi ada di masing-masing Puskesmas, dengan koneksi Local Area Network di Puskesmas, untuk di Puskesmas Pembantu, Polindes dan yang lainnya memakai aplikasi proxy server untuk membuat / membuka jaringan private melalui NAT atau firewall untuk menghubungkan localhost ke internet dengan tunnel yang aman sehingga Pustu, Polindes dan praktek bidan bisa secara online menjalankan aplikasi Simpus Jombang