Visi Misi

Visi Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang

Gambaran masyarakat Kabupaten Jombang masa depan yang ingin dicapai oleh segenap komponen masyarakat melalui pembangunan kesehatan Kabupaten Jombang adalah :
"MASYARAKAT JOMBANG YANG MANDIRI UNTUK HIDUP SEHAT"

Misi Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang

Misi mencerminkan peran, fungsi dan kewenangan seluruh jajaran organisasi kesehatan di seluruh wilayah Kabupaten Jombang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan kesehatan Kabupaten Jombang. Untuk mewujudkan visi tersebut ada empat misi yang diemban oleh seluruh jajaran petugas kesehatan di masing-masing jenjang administrasi pemerintah yaitu :

1. Mendorong terlaksananya pembangunan daerah yang berwawasan kesehatan
Pembangunan berwawasan kesehatan mengandung makna bahwa setiap upaya pembangunan harus berkontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Upaya tersebut harus dapat menekan sekecil mungkin dampak negatif yang merugikan kesehatan masyarakat beserta lingkungannya. Dengan demikian keberhasilan pembangunan kesehatan sesungguhnya ditentukan oleh peran serta segenap lintas program, lintas sektor dan masyarakat.

2. Mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup bersih dan sehat
Kesehatan adalah tanggung jawab bersama dari setiap individu, keluarga, masyarakat, pemerintah dan swasta. Apapun yang akan dilakukan pemerintah dalam pembangunan kesehatan tidak akan ada artinya bila tidak disertai kesadaran setiap individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkat-kan dan menjaga kesehatannya masing-masing secara mandiri. Upaya pemerintah untuk terus memperluas cakupan pembangunan kesehatan dan meningkatkan kualitasnya harus disertai upaya mendorong kemandirian individu, keluarga dan masyarakat luas untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

3. Memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil, terjangkau dan merata
Salah satu tanggung jawab seluruh jajaran kesehatan adalah menjamin tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas, merata, terjangkau oleh setiap individu keluarga dan masyarakat luas. Pelayanan kesehatan yang berkualitas, merata dan terjangkau dimaksud diselenggarakan bersama oleh pemerintah dan masyarakat termasuk swasta.

4. Mewujudkan kemandirian dan peranserta masyarakat dalam pembangunan kesehatan
Penyelenggaraan upaya kesehatan mengutamakan upaya-upaaya penigkatan kesehatan dan pencegahan penyakit yang didukung oleh upaya-upaya pengobatan segera dan pemulihan kesehatan. Agar dapat memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga dan masyarakat diperlukan lingkungan yang kondusif untuk terciptanya kemandirian dan peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan.