Bimbingan Teknis dan Monitoring dan Evaluasi Terpadu Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan

Kamis (02/09) bertempat di Ruang Sehat Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, terselenggara kegiatan Focus Group Discusion (FGD) Direktur Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan 10 Pengelola Program Kesehatan Jiwa Puskesmas dengan didampingi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis dan Monitoring dan evaluasi Terpadu Kesehatan Jiwa yang sebelumnya diawali dengan pemaparan materi dan diskusi indikator Kesehatan Jiwa.

Haryo Purwono, ST Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mengatakan bahwa Kabupaten Jombang sampai saat ini belum memiliki Badan Narkotika Kabupaten (BNK) maupun Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) sehingga dalam mencegah dan mengendalian program Napza, keterlibatan lintas sektor menjadi kekuatan utama dalam melaksanakan pelayanan kesehtan Jiwa dan Napza selama ini.

Dengan keterbatasan itu ditambah dengan jumlah 1 (satu) dokter spesialis jiwa di Rumah Sakit Umum Daerah yang dinilai masih kurang serta dengan mendapat dukungan dari lembaga pendidikan tinggi kesehatan yang ada di Kabupaten Jombang menjadikan upaya pelayanan kesehatan jiwa yang berbasis masyarakat menjadi pilihan dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa untuk orang dengan gangguan jiwa (odgj) lanjutnya.

R. Vensya Sitohang, drg, M.Epid Direktur Kesehatan Jiwa Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan bahwa kehadiran tim dari Kementerian bertujuan melaksanakan pendampingan dalam rangka percepatan pencapaian indikator kesehatan jiwa dan Napza dan memberikan rekomendasi terkait percepatan pencapaian indikator kesehatan jiwa dan Napza di Kabupaten Jombang khususnya.

Kegiatan Bimtek dan monev terpadu kesehatan jiwa dilanjutkan dengan melakukan kunjungan kerja di Pos Kesehatan Jiwa (Poskeswa) Marga Waras Desa Dukuhklopo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Dukuhlopo. Selain melihat langsung kegiatan di Poskeswa tersebut juga dilakukan diskusi dengan aparat Pemerintah tingkat Kecamatan dan Pemerintah Desa Dukuhklopo serta Kader Kesehatan Jiwa dan masyarakat yang dapat mewujudkan pelayanan kesehatan jiwa berbasis masyarakat. Ej (20220109).