Sosialisasi Puskesmas Pandu PTM Tahun 2020

Jombangkab.go.id-Dinkes, Penyakit Tidak Menular adalah salah satu masalah dalam pembangunan kesehatan di Indonesia dengan peningkatan beban biaya yang terus meningkat setiap tahunnya. Di masa adaptasi kebiasaan Baru karena pandemic covid-19, Puskesmas tetap dituntut meningkatkan pelayanan kesehatan. Puskesmas PANDU PTM adalah upaya pencegahan dan penanggulangan PTM melalui peningkatan kapasitas petugas dalam pelayanan deteksi dini, monitoring dan tatalaksana PTM melalui pendekatan faktor risiko. Upaya terobosan Puskesmas PANDU PTM mutlak dilaksanakan dengan tujuan agar Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam bidang kesehatan  dapat tercapai. SPM merupakan indikator kinerja dari pimpinan baik pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun kepala daerah, kata Wahyu Sri Harini, dr Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada saat pembukaan pertemuan Sosialisasi Puskesmas Pandu PTM.
Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Tahun 2020, Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan ulang, karena kegiatan sosialisasi yang pernah dilaksanakan dan diharapkan Puskesmas dapat melaksanakan PANDU PTM tidak kunjung tiba, maka kegiatan sosialisasi ini diulang untuk memberikan tekanan, dorongan dan motivasi agar Puskesmas di Kabupaten Jombang dapat melakukan kegiatan PANDU PTM, lanjutnya.
Sosialisasi Puskesmas Pandu PTM dilaksanakan Selasa (10/11) di Ruang Suroadiningrat II Pemerintah Kabupaten Jombang ini menghadirkan 34 Pengelola Program PTM Puskesmas se Kabupaten Jombang. Pertemuan yang dilaksanakan dengan DPA APBD Dinas Kesehatan Tahun 2020 ini merupakan awal kesepakatan Puskesmas melaksanakan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Jantung Koroner melalui Charta WHO.
Pada kesempatan ini hadir Laksono Budi P, SKM, M.M dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai narasumber di Sosialisasi. (ej 20201102)
Klik juga di: http://p2ptmkeswa3517.blogspot.com/2020/11/sosialisasi-puskesmas-pandu-ptm-tahun.html